Keluarga LPK Intan Sruweng mengucapkan SELAMAT IDUL FITRI 1435H minal aidin wal faidzin mohon maaf lahir batin...

Kamis, 11 Oktober 2012

PRAKTEK MEMBUAT GAMBAR POLA KEMEJA PRIA


1. Menentukan garis dada, garis pinggang dan garis pinggul.

Tentukan titik A lalu buatlah garis vertikal dan horisontal yang saling berpotongan di titik A tersebut.
Dibawah A tentukan titik B dimana AB = panjang punggung.
Buatlah garis horisontal yang melalui titik B dan garis  itu disebut garis dada.
Dibawah B tentukan titik C dimana AC = panjang pinggang.
Buatlah garis horisontal yang melalui titik C dan garis  itu disebut garis pinggang.
Dibawah C tentukan titik D dimana AD = panjang pinggul.
Buatlah garis horisontal yang melalui titik D dan garis  itu disebut garis pinggul.
Dibawah D tentukan titik lalu buatlah garis horisontal yang merupakan batas bawah panjang kemeja pria.


2. Kemeja pria dipakai masuk celana bawahan (model jahitan samping lurus).
 Khusus untuk model jahitan samping lurus, yaitu kemeja pria yang semestinya ketika dipakai selalu masuk celana yang sedang dipakai, seperti kemeja seragam sekolah, kemeja untuk kerja baik di kantor maupun sales yang perlu berpakaian rapi, dan sebagainya.

2.a. Menggambar pola dasar bagian depan.

Sebelah kanan A ada titik E dimana AE = setengah dari lebar leher, atau bila yang diukur lingkar leher, maka
AE = seperenam dari lingkar leher.
Diatas B tentukan titik F, dimana BF = kontrol kemiringan bahu.
Sebelah kanan F tentukan titik G.
FG = setengah dari lebar punggung.
Sebelah kanan B ada titik H.
BH = seperempat lingkar dada ditambah 1 cm, karena pola depan lebih lebar dibanding pola belakang
Hubungkan E dan G dengan garis lurus, EG = lebar bahu.
Buat kerung lengan dari titik G, mula-mula garis lurus yang siku-siku tegak lurus dengan EG, setelah mendekati H dibuat garis lengkung.
Buat kerung leher  depan dimulai dari titik E, mula-mula garis lurus yang tegak lurus EG, setelah 2 cm membentuk lengkung lingkaran dengan jari-jari setengah dari lebar leher, atau dapat juga jari-jarinya = seperenam dari lingkar leher.
Dari titik H tarik garis lurus ke bawah sampai K yaitu batas bawah panjang kemeja yang akan dibuat. Pada bagian depan, ujung kerung leher ke bawah dilebarkan 1 cm, untuk tumpukan kain tempat pasang kancing baju. Dari kiri maju 1 cm dan dari kanan juga maju 1 cm, maka lebar tumpukan untuk pasang kancing baju menjadi 2 cm.
Supaya pundak tampak lebih bidang maka jahitan antara pola depan dan pola belakang di posisi pundak diturunkan 3 cm ke arah depan, jadi garis lipatan lengan nantinya tidak ketemu dengan jahitan pundak, tetapi posisi garis lipatan lengan berada 3 cm di belakang jahitan pundak.  Karena itu, dibawah EG, dibuat garis sejajar EG dan berjarak 3 cm dari EG.
Jadi, jahitan pada bahu maju ke pola depan 3 cm dari pola aslinya, dan gambaran pola depan kemeja pria tapak seperti gambar diatas.
Kemeja pria model jahitan samping lurus, tidak membutuhkan ukuran lingkar pinggang dan lingkar pinggul, karena semua dianggap sama dengan lingkar dadanya. 

2.b. Menggambar pola dasar bagian belakang.

Supaya jelas dan mudah dipahami, berikut adalah perbedaan pokok antara gambar pola depan dan gambar pola belakang pada pola dasar kemeja pria model lurus samping,
Pada posisi garis dada,
pola depan = seperempat lingkar dada ditambah 1cm, sedangkan pola belakang = seperempat lingkar dada dikurangi 1cm.
Jadi pada garis dada, pola belakang lebih kecil 2 cm dibanding pola depan.
Buat garis vertikal yang berjarak 2 cm pada garis samping.
Pada posisi kerung leher belakang, lengkungannya jauh lebih datar dibanding kerung leher depan, hanya 1,5 cm dibawah titik A.
Posisi tengah belakang tidak ada tumpukan untuk pasang kancing, karena itu tidak perlu ditambah 1 cm seperti pada pola depan. Pola belakang dibuat pas pada posisi garis vertikal yang melalui titik A.
Pada posisi garis bahu atau pundak, gambar pola depan dikurangi 3 cm dari garis bahu yang asli, sedang gambar pola belakang ditambah 3 cm dari garis bahu yang asli. Jadi, pada posisi garis bahu, gambar pola belakang lebih tinggi 6 cm dibanding gambar pola depan.
Pada posisi kerung lengan belakang, lengkungannya lebih datar dibanding kerung lengan yang depan, karena lebar punggung memang lebih kecil dari lebar dadanya.
Dari kelima perbedaan yang telah diuraikan tadi, maka gambar pola belakang dapat dilihat pada gambar diatas, yang langsung bisa dibandingkan dengan gambar pola depannya yang digambarkan dengan garis titik-titik.
  
3. Kemeja pria dipakai diluar celana bawahan (model jahitan samping lengkung)
Bila kemeja pria model lurus samping dipakai diluar celana, tampaknya kemeja tadi tidak mapan ditubuh pemakainya, karena memang kemeja tersebut dirancang untuk dipakai didalam celana. Supaya kalau dipakai diluar celana kemeja tadi bisa tampak lebih mapan di tubuh pemakainya, maka gambar polanya harus memperhitungkan lingkar pinggang dan lingkar pinggulnya, bukan hanya memperhatikan lingkar dada saja.
Jenis kemeja pria yang dirancang untuk selalu dipakai diluar celana biasanya ditandai dengan kantong di kiri dan kanan bawah bagian depan. Misalnya pada baju kemeja batik, baju koko dan baju muslim yang selalu dipakai diluar celana atau kain sarung sebagai baju bawahnya.

Gambar pola kemeja pria yang dirancang khusus untuk selalu dipakai diluar celana bawahan adalah sebagai berikut:


Pada prinsipnya relatif sama dengan pola kemeja pria model jahitan samping lurus, kecuali perbedaan pada jahitan samping yang dibuat melengkung mengikuti bentuk tubuh calon pemakainya, yaitu:
  • Posisi garis dada, pola depan = seperempat lingkar dada ditambah 1 cm, sedangkan pola belakang = seperempat lingkar dada dikurangi 1 cm.   Jadi, pada posisi garis dada, lebar pola belakang = lebar pola depan dikurangi 2 cm.
  • Posisi garis pinggang, pola depan = seperempat lingkar pinggang ditambah 1 cm, sedangkan pola belakang = seperempat lingkar pinggang dikurangi 1 cm.   Jadi, pada posisi garis pinggang, lebar pola belakang = lebar pola depan dikurangi 2 cm.
  • Posisi garis pinggul, pola depan = seperempat lingkar pinggul ditambah 1 cm, sedangkan pola belakang = seperempat lingkar pinggul dikurangi 1 cm.   Jadi, pada posisi garis pinggul, lebar pola belakang = lebar pola depan dikurangi 2 cm.
Sementara posisi pada bagian lain relatif sama dengan pola kemeja pria model jahitan samping lurus yang telah dijelaskan sebelumnya.

4. Kemeja pria bisa dipakai dimasukkan maupun diluar celana bawahan
Pada prinsipnya relatif sama dengan pola kemeja pria model jahitan samping lurus, kecuali perbedaan pada jahitan samping yang dibuat melengkung mengikuti bentuk tubuh calon pemakainya, yaitu:


  • Posisi garis dada, bagian depan = seperempat lingkar dada ditambah 1 cm, sedangkan bagian belakang = seperempat lingkar dada dikurangi 1 cm.   Jadi, pada posisi garis dada, lebar pola belakang = lebar pola depan dikurangi 2 cm.
  • Posisi garis pinggang dibuat lengkungan sedikit, antara 1cm sampai 2 cm saja.  Pada posisi garis pinggang, lebar pola belakang = lebar pola depan dikurangi 2 cm.
  • Posisi batas bawah baju, lebarnya dibuat sama dengan lebar pada posisi garis dada.   Lebar pola belakang = lebar pola depan dikurangi 2 cm.
  • Sementara posisi pada bagian lain relatif sama dengan pola kemeja pria model jahitan samping lurus yang telah dijelaskan sebelumnya.

5. INFORMASI LAIN
Buku dan VCD cara membuat pakaian pria yang disusun oleh Team Instruktur Kursus Menjahit LPK Intan Sruweng Kebumen berisi petunjuk praktis cara membuat kemeja dan celana panjang pria, mulai mengambil ukuran badan, menggambar pola, memotong kain, mengolah kain bagian pola, menjahit pola kain yang sudah diolah sampai akhirnya menjadi kemeja dan celana panjang pria yang siap dipakai...

MATERI ISI BUKU DAN VCD JAUH LEBIH JELAS DAN LENGKAP DIBANDING YANG TERTUANG DI BLOG INI.

Buku dan VCD tersebut bisa diperoleh langsung di Sekretariat LPK Intan yang beralamat di Jalan Raya Sruweng No.70 - Kebumen Jawa Tengah (Kodepos 54362).

Peminat dari luar kota bisa pesan melalui nomor HP 087 737 621 625 dengan tambahan ongkos kirim.

Ada juga Buku dan VCD cara membuat jas dan cara membuat Blazer. 


TERIMAKASIH.

18 komentar:

  1. Makasih, buku n vcd udah diterima dgn cepat, isinya padat singkat dan praktis. Sy tadinya cuma bisa jait baju wanita aja, stlah pelajari buku vcd lpk intan jd bs jait baju pria, hem n clana pjng. Apa ada buku n vcd cara bordir ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Syukurlah...,
      buku dan vcd yang ujudnya sederhana,
      bisa bermanfaat membuat mba Novierinda
      jadi bisa membuat baju pria, hem celana.
      Bila selama latihan ada kesulitan
      silakan hubungi lpk intan... makasih.

      Hapus
  2. Saya berminat paket 1 buku dan 2 keping vidio-cd bagaimana cara mendapatkannya karena saya berada Balikpapan (Kalimantan Timur)

    BalasHapus
    Balasan
    1. silakan hubungi hp 087737621625.
      pembayaran via bank bri ato bca (bisa pilih)
      buku dan vcd dikirim via pos ato jne (bisa pilih)
      no resi kirim buku di sms ke no hp pemesan, bisa dimonitor via internet.
      makasih

      Hapus
  3. LPK Yth, saya punya pertanyaan:
    Knpa pola depan lebih besar dari pada pola belakang?
    Sebelumnya Saya Ucapkan terima kasih Untuk Jawabannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena... bentuk tubuh bagian depan lebih besar dibanding belakang...
      Perhatikan perbandingan tulang rusuk didepan jauh lebih maju kedepan dibanding tulang belikat dibagian belakang, mana yang lebih menjauh dari garis tengah badan?
      Bila pola depan dibuat sama lebar dengan pola belakang, akibatnya jahitan samping akan tertarik kedepan oleh tonjolan tulang rusuk, sehingga tidak mapan bila dipakai...
      Semoga dapat dipahami, makasih ya komentarnya...

      Hapus
  4. saya berminat untuk memilki 1 paket vcd nya tapi masalahnya saya di sul-sel, apakah bisa di kirim?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya bisa sekali... yang di luar negeri aja ada dan bisa sampai juga...
      Silakan segera hubungi no. hp. 087 737 621 625 untuk pesan buku plus vcd-nya sebelum kehabisan stock... makasih ya...

      Hapus
  5. Praktis, sistematis, tidak berbelit, mudah dipahami. Sangat bermanfaat. Terima kasih.
    Apakah ada cabangnya di kota lain?
    Saya di Sidoarjo ingin kursus juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. LPK Intan Sruweng Kebumen BELUM ADA CABANG di kota lain.
      Bisa kursus jarak jauh dengan membeli buku tutorial plus vcd teknik jahitan.
      Bila selama latihan ada kendala bisa tanya-tanya seputar jahitan kepada LPK Intan Sruweng, via HP atau email. Terimakasih.

      Hapus
    2. Saya mau pesa buku dan vcdnya, saya tinggal di medan.

      Hapus
    3. Sdr. Ifham Faisal, silakan hubungi HP. 087737621625 via sms atau telepon, untuk info detail pemesanan buku dan vcd tersebut. Terimakasih.

      Hapus
  6. Berapa harga perpaketnya?
    Trus bagaimana jikalau ditengah praktek sy menghadapi kesulitan?
    Apakah anda akan mencariksn solusinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. buku plus 5 keping vcd pakaian pria wanita 200rb plus ongkir ke alamat pemesan.
      bila ada kesulitan hubungi HP,087737621625 via sms ato telepon, insya Alloh bisa mendapatkan solusinya... makasih komentarnya.

      Hapus
  7. Balasan
    1. sama-sama... makasih juga kunjungannya...

      Hapus
  8. mau tanya gan, apa ada vcd untuk t-shirt? suwun

    BalasHapus
  9. Boleh tahu harga buku & vcd nya?

    BalasHapus