Selamat Datang di Pusat Pelayanan Pesanan Buku plus Video CD Tutorial Menjahit LPK Intan Sruweng...

Kamis, 11 Oktober 2012

PRAKTEK MENGAMBIL UKURAN BADAN UNTUK MEMBUAT KEMEJA PRIA

Silakan di PLAY video cara mengambil ukuran badan dari YouTube Intansruweng berikut ini:


Sambil memperhatikan video cara mengambil ukuran badan untuk membuat kemeja pria, berikut ini adalah penjelasan dari gambar video tersebut.


  1. Lingkar leher, diukur mengelilingi pangkal leher dimana jari telunjuk ikut didalam lilitan meteran, diukur pas seseuai angka pada meteran.
  2. Panjang punggung, diukur mulai pangkal tulang leher sampai punggung (atau garis dada atau sedikit dibawah ketiak), diukur pas sesuai angka pada meteran.
  3. Kontrol kemiringan baju, diukur mulai tepi bahu ke bawah sampai pada posisi garis dada bagian belakang, diukur pas sesuai angka pada meteran
  4. Panjang pinggang, diukur mulai pangkal tulang leher sampai pinggang (atau garis pinggang, yaitu setara puser tapi di belakang), diukur pas sesuai angka pada meteran.
  5. Panjang pinggul, diukur mulai pangkal tulang leher sampai pinggul (atau garis pinggul, yaitu sedikit diatas pantat), diukur pas sesuai angka pada meteran.
  6. Panjang baju, diukur mulai pangkal tulang leher sampai batas bawah baju, yaitu sedikit dibawah pantat, diukur pas sesuai angka pada meteran.
  7. Lebar badan atau lebar punggung, diukur mulai ujung bahu kiri sampai ujung bahu kanan, pada posisi dibawah leher meteran dinaikkan sedikit, diukur pas sesuai angka pada meteran.
  8. Lingkar dada, diukur mengelilingi dada sedikit dibawah ketiak. Dari lingkar dada yang asli ditambah antara 4 sampai 6 cm.
  9. Lingkar pinggang, diukur mengelilingi pinggang pada posisi melewati puser.  Dari lingkar pinggang yang asli ditambah antara 4 sampai 6 cm.
  10. Lingkar pinggul, diukur mengelilingi pinggul melewati bagian pinggul yang paling besar.  Dari lingkar pinggul yang asli ditambah antara 4 sampai 6 cm.
  11. Panjang lengan, diukur mulai ujung bahu, sampai mana?  Bila lengan panjang diukur sampai pangkal ibujari, tetapi bila lengan pendek diukur sampai 2 cm diatas siku, diukur pas sesuai angka pada meteran. 
  12. Lingkar lengan, diukur mengelilingi lengan bagian yang terbesar, ditambah antara 4 sampai 6 cm.
  13. Lingkar pergelangan tangan, diukur mengelilingi pergelangan tangan ditambah antara 2 sampai 4 cm

Ketika masih tahap latihan, sebaiknya ukuran lingkar dada, lingkar pinggang, lingkar pinggul dan lingkar lengan ditambah 6 cm dari ukuran aslinya, sedangkan lingkar pergelangan tangan ditambah 4 cm. Tujuannya adalah supaya ada kelonggaran, bila terjadi kesalahan dalam tahap latihan maka bahan masih bisa kain diselamatkan, karena ada abstan kelonggaran ukuran.


Terimakasih.

8 komentar:

  1. Assalamualaikum. Paket sdh diterima buku dan 2 bh vcd.Buku membuat kemeja pria lengkap sd tahap penyelesaian.Tetapi VCD tdk lengkap cuma sampai pengukuran tok.Tahapan selanjutnya spt menggambar pola sd penyelesaian tdk ada.File yg ada tdk ada hubungannya dg pembuatan baju.
    Buku pembuatan celana panjang VCD lengkap tetapi buku cuma sampai pemotongan kain.Untuk tahap lanjutannya tdk ada copynya.Yg dikirim untuk Bab2 dr.halaman 14 sd hal.18. Mhn kiranya untuk dilengkapi. Tks.Wassalam.
    Hormat saya.
    MACHDI

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikum salam...
      Aslinya buku dan vcd pakaian wanita dan pria telah dikemas menjadi SATU PAKET yang terdiri dari satu buku plus 5 keping VCD. Karena Sdr Machdi hanya pesan sebagian saja yaitu pakain PRIA saja, maka bagian pengiriman perlu melakukan SELEKSI file mana saja dan halaman mana saja yang harus dikirim.
      Mungkin terdapat kekeliruan, dan bagian yang masih kurang dapat dikirim kembali.
      Terimakasih informasinya...

      Hapus
  2. Balasan
    1. Makasih kembali... smoga mas Soni Elfiyanto juga sukses slalu...

      Hapus
  3. terima kasih banyak, semoga menjadi amal yg bermanfaat dan mendapat Rahmat Allah Amiiin...

    BalasHapus